Rekam Medis

SELAMAT DATANG DIDUNIA KESEHATAN NADINE

Pada halaman ini, bunda membuat rekam medisnya Nadine, dari mulai dari kandungan sampe nanti kelak Nadine bisa mencatat rekam medisnya sendiri. Nah, kita mulai saja yukk …..

Ini adalah Cover dari buku kesehatan Nadine

Pertama kita lihat history perkembangan nadine yuk, data ini bunda ambil dari buku control bunda selama hamil.

Bingung ga baca tabelnya gimana😉, kalo bingun nich bunda buatin table yang mudah dibacanya, tabel ini berisi tentang, tanggal dimana nadine dicheck,brp usia nadine waktu dicheck,BB nadine,bunyi jantungnya nadine,BB bunda, tensi bunda dan keluhan yang bunda rasakan selama hamil. Check it out….!!!

Kemudian Kita lihat USG Nadine yuk waktu masih dikandungan bunda berumur 24minggu. USG ini diambil pd tanggal 05/10/09  jam 17:12:34pm. Dari PIC dibawah Lingkar perut nadine masih 191mm.so, let’s check it.

Dan ini adalah USG nadine di usianya yang ke 35 mingg 2 hari atau 8 bulan 3 minggu 2 hari. Dari USG kali ini berikut data2 tentang nadine :

  1. BPD artinya biparietal diameter atau diameter kepala janin = 87 mm
  2. AC = Abdominal Circumferencial atau ukuran lingkaran perut bayi = 312 mm
  3. Tulang paha atau femur  = 63 mm
  4. Usia Kehamilan   = 35 minggu 2 hari
  5. Perkiraan Berat Janin = 2500 gram
  6. Letak Placenta atau ari-ari = di korpus depan artinya di badan rahim bagian depan
  7. Jumlah Placenta = 1
  8. Derajat maturasi Placenta = 1
  9. Jumlah air ketuban = cukup
  10. Kelainan Congenital mayor atau kelainan pada tumit = tidak jelas ( alhamdulilah tidak ada )
  11. Jenis Kelamin  = Perempuan

Dan berikut USG nadine pada usia 35 minggu 2 hari itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

hhmm selanjutnya kita liat yu catatan kesehatan nadine dengan imunisasinya. Pada saat bunda ngisi ini, nadine baru berusia 7 bulan kurang jadi imunisasinya baru sampe bulan ke 6. let’s see it.

 

Berikut penjelasannya dari tabel diatas:

23 January 2010 => Usia 8 hari,  BB : 2700 gram   PB :46CM LK (lingkar kepala):33, Nadine mendapatkan Imunisasi Hepatitis B

5 February 2010 => usia 21 hari  BB :3500 gram, kali ini Nadine mencret ee terus , bunda bawa ke bidan sama bindanya dikasih obat diare.

15 February 2010 => Usia Nadine 1 bln kurang 1 hari, Imunisasi BCG dan Polio 1. BB : 4100 gram, PB :51CM ,LK :38cm

10 March 2010, BB: 4500 gram, PB :58Cm, pada hari ini bunda ke bidan karena adine sakit flu, pilek gitu sampe susah napas. Gara2 ketularan abi akhirnya bunda bawa adine ke RS Muhammadiyah, setelah diperiksa dokter Nadine harus dirujuk ke bagian Physiotherapy yaitu bagian penguapan dibagian hidung supaya Ingusnya Nadine mencair dan kluar. Banyak ingusnya Nadine tp Nadine memang anak yang soleha selama di uap gt Nadine ga nangis dia hanya ah uh aja karena susah napas. Love you honey.

17 March 2010, BB: 4600 gram, PB: 55cm ( beda versi antara RS dan Bidan hehe , kemarin 58cm sekarang jd 55cm lagi hihi lucu ). LK: 38. Kali ini ada Imunisasi DPT / HEP 1 atau COMBO dan juga Poilo ke 2. Untuk Imunisasi ini Nadine katanya akan panas maka disuruh minum parasetamol kalo nanti adine aga demam, kl rewel itu biasa katanya. Dan memang Nadine aga anget dan sedikit rewel mungkin karena ga enak badannya.

 

Lanjut yukkk ke History Catatan Kesehatan Nadine berikutnya, but see table bellow first:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Note : harusnya imunisasi ini stiap tanggal 16 karena nadine lahirnya kan tanggal 16 , tetapi karena tanggal 16 maret itu bunda pergi ke bogor sama adine, bunda , oma jdnya imunisasinya mundur sehari dech, kata bindannya harus pas sebulan lagi datangnya maka jadilah imunisasi nadine itu diadakan stiap tanggal 17.

 

17 April 2010, BB: 5600 gram ,  PB : 58cm  , LK: 38. Combo II dan Polio 3 itu yang nadine dapatkan di imunisasinya kali ini. Seperti imunisasi yang kemarin, kali ini juga nadine aga anget tp hanya sebentar saja setelah itu nadine kembali seperti sediakala.

17 May 2010, BB : 5800 gram , hhmm hanya naik 200gram dalam sebulan .Alhamdulillah harus disyukuri walaupun itu kurang dari target bunda yang penting nadine masih diatas 90% dalam tabel tumbuh kembang balita. Untuk PB nya sudah 59cm ( ihihi hanya 1cm saja selama 1 bulan ), lalu LKnya 41. Nadine dapet imunisasi lanjutan untuk Combo III dan Polio IV

June tidak ada imunisasi karena nadine berusia 5bulan, ada imunisasi lagi bila nadine 6 bulan.

17 July 2010, BB: 6700 gram ( Alhamdulillah, 900 gram naiknya), PB: 63cm, LK: 42,5. Tidak ada imunisasi hanya ada pemberian Vitamin A saja.

27 August 2010, BB: 7900gram (Alhamdulillah naik 1200 gram),PB nya ndak tahu soalnya bulan ini ndak ada imunisasi. Bunda tahu BB nadine aja karena hari ini nadine bunda bawa ke Dokter, awalnya mau ke dokter anak buat ngobatin kaki kanannya nadine yang agak gatal2 gitu. dah lama sih tp blm sembuh juga walaupun dah dikasih obat ini itu akhirnya bunda bawa dech ke dokter dan sesampainya di RS disarankan ke dokter kulit. Alhamdulillah nadine gpp hanya gatal2 biasa karena kuliatnya mungkin yang sensitif.hanya dikasih obat pelembab aja. Oia,hari ini nadine juga aga flu,Alhamdulillah masih ada obat flu yang dulu.dan masalah ingusnya seperti biasa kalo nadine flu, bunda sedot sm alat sedot ingus yang sudah bunda beli. Alhamdulillah saat bunda nulis ini nadine sudah bobo dengan nyenyak.

13 September 2010, bulan ini masih belum ada imunisasi. Hari ini nadine lagi demam karena kecapean mudik ke subang dan kecapeaan renang di waterboom subang. Alhamdulillah nadine sudah bisa bobo dengan pules setelah bunda kasih obat demam trus bunda mimiin nadine bisa istirahat yang lumayan lama.

Sudah beberapa hari ini nadine juga susah ee, kalo kemarin2 eenya itu kecil2 jd ga buat nadine kesakitan , kl tadi malem sama hari ini nadine susah ee karena eenya lumayan besar jadinya dia kesusahan untuk ngeluarinnya harus ngeden2 yang lama dan kuat2 baru eenya bisa kluar.Karena saking susahnya ngeluarin eenya nadine yang biasanya ga pernah nangis, sekarang jd nangis. Bunda jd sedih banget liatnya.

Sudah bunda kasih obat demam untuk nurunin panasnya , kl buat eenya tadi pagi2 setelah bunda kasih mimi asi , bunda buatin jus pepaya dan apel biar nadine eenya lancar. Kalo kata abi, adine itu susah ee karena kurang serat jd pagi2 buta abi minta bunda buatin jus buah2an biar adine eenya ga susah kaya tadi malem lagi. Cepet sembuh ya nadineku sayang. Jangan sakit2an ya, bunda jadi sedih banget kl liat adine sakit.

15 September 2010, BB: 7400 ( turun 5oogram karena nadine sakit panas, susah ee, plus cape mudik ), PB : 65cm. Nadine ke RS buat ngobatin susah BAB sm biang keringatnya. Dikasih Apolar Desonide buat biang keringatnya dan Lacto-B buat susah BABnya.

10 Oktober 2010, BB : 8kg ( Alhamdulillah naik lagi 600gram), PB: 67cm. Nadine ke bidan ana tgl 091010, karena nadine batuk pilek,emang lagi musim nich semua orang dirumah ini kena batuk semuanya jadinya nadine juga kena dech. Hari Jumat malam, nadine sempet muntah sekali,karena batuknya berdahak dan dahaknya itu susah keluar jadinya bikin eneg,hasilnya nadine muntah.Bunda bawa ke kamar mandi ,sambil bunda gendong leher dan punggung nadine bunda pijit2 biar muntahnya terbantu. Abis itu bunda olesin perut punggu dan leher nadine sama minyak kayu putih soalnya kalo minyak telon itu kurang anget jadinya bunda pake minyak kayu putih seperti sarannya bidan anna. Cepet sembuh ya nadineku sayang.

10 November 2010, Hari ini Nadine di imunisasi campak, Ditimbang BB nadine malah turun jadi 7.700gram ( karena nadine kan lagi belajar jalan jadinya badannnya banyak gerak, dan memang kata orang tua kalau anak mau bisa jalan itu badannya turun biar dia mudah bergerak ), PB nadine 69cm (kl ga salah hihi bunda lupa nnt bunda benerin dech yach ), Nadine di imunisasi campak sama ibu dan bunda, alhamdullah , nadine ga panas ko, walau kata orang2 abis campak itu panas, nadine baik2 saja.

18 November 2010 ,Bunda blm tahu BB nadine berapa , yang jelas sudah berat kalo di gendong, dan memang kalo dilihat dari badannya nadine tambah dech berat badannya. Alhamdulillah, berati ibu berhasil memomong nadine.Makasih ibu.

26 Desember 2010 Nadine dibawa ke posyandu kata oma, BB nya sudah 8.6.

11 january 2011, Nadine harus berurusan dengan dokter lagi, kali ini karena demam dan muntah2 yang blm sembuh juga.waktu di timbang BB nadine turun menjadi 8.2Kg panjangnya menjadi …..

15 january 2011, Kali ke 3 nadine harus di fisioterapi karena batuk berdahak, tp kali ini nadine ga memuntahkan dahaknya jadinya hanya diuap saja, padahal bunda berharap dahaknya semua bisa dimuntahkan seperti waktu fisioterapi yang ke 2 dan ke 3. but, setelah di fisioterapi nadine bobonya pules padahal nadine harus naik motor loh karena harus ikut bunda dan abi yang kontrok gigi ke daerah pondok indah. oia nadine ditimbah hanya 8kg, ahh bunda ga yakin, mungkin itu hanya perhitungan susternya aja. yang penting nadine sehat terus ya nak.kan besok nadine mau ulang tahun

16 June 2011 wah sudah lama ya bunda ga update rekam medis nadine, alhamdulillah nadine ga sakit hanya saja memang BB nadine itu sedikit susah naik terakhir nimbang itu hanya 10kg, kl menurut bunda itu karena nadine itu aktif , jadi karena banyak aktifitasnya maka itu menguras tenaga nadine. Tp sejauh nadine sehat bunda ga khawatir.

Tp hari ini bunda akan merekam medis nadine yang menyedihkan, hari senin kemarin nadine jatuh lagi, dan ditempat yang sama dan benjol lagi ditempat yang sama pula. Arrgghhh rasanya mau marah tp ya gimana, sudah terlambat. Tp alhamdulillah nadine gpp, ya hanya benjol dikit aja, hari ni pun benjolnya sudah mulai menghilang. Bunda takut Nadine knp² karena sering jatuh dikepalannya. bunda khawatir tp mudah² gpp. Aminn

4 July 2011   Bibirnya nadine sobek dikit..dan berdarah…karena nadine naik helm terus jatuh. Kataaaaanyyyaaaaa. Ah ga penting apapun itu yang pasti nadine sudah jatoh dan dia sudah luka. Bunda ga terima. Nak,…bunda pesen ya sama nadine, karena tidak semua orang bisa menjaga nadine dengan baik dan full care maka nadine jangan terlalu aktif…ga masalah kalau yang jagain nadine itu orang yang ga lalai, kl lagi lalai nadine mau benjol lagi??? sudah 3 kali nadine benjol dan sekarang bibirnya luka…makanya nadine jangan nakal ya biar nadine ga jatoh2 lagi. Kalau nadine jatuh maka yang bunda salahin itu orang yang ngejaga nadine, karena kalau dijaga dengan baik pasti nadine gpp. nah dari pada bunda marah2 sama orang yang jagain nadine , lebih baik nadine aja yang berubah ya. Nadine jadi anak yang baik ya nak.

22 July 2011  BB nadine : 11 kg , TB nadine : 75cm , LK nadine : 47cm ….alhamdulillah kl dilihat dari target buku kesehatan itu berati nadine achievement sampe 100%. Alhamdulillah….ya meski nadine masih harus minum obat sampe 3 bulan kedepan, tp setidaknya nadine bisa tumbuh sehat. Nadine juga sangat ceria jadinya bunda ga begitu khawatir akan kesehatan nadine.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s